HomeSelamat Datang / Wilujeng Sumping / Welcome / Ahlan Wasahlan

Rabu, 19 Maret 2008

Profil SMK

1. Sejarah

Sadar akan perlunya keberadaan Sekolah Teknik Menengah untuk menghasilkan tenaga- ahli teknik tingkat menengah yang memiliki keterampilan memadai serta siap pakai untuk mengisi kesempatan dalam pembangunan ditanah air, ditambah pula dengan banyaknya animo masyarakat didaerah Tasikmalaya, terutama untuk menampung tamatan dari sekolah teknik yang akan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi maka beberapa tokoh masyarakat , unsur pejabat pemerintah di Kabupaten Tasikmalaya mengusulkan kepada pemerintah pusat, melalui prosedur yang berlaku pada waktu itu agar di Kabupaten Tasikmalaya dapat didirikan Sekolah Teknik Menengah Negeri.

Setelah melalui perjuangan yang sangat panjang akhirnya dengan adanya surat keputusan kepala jawatan pendidikan teknik No:1/PBS/Dj/1961 tertanggal 20 September 1961 dan pada tanggal 1 Nopember 1961 Sekolah Teknik Menengah Negeri Tasikmalaya dibuka secara resmi beralamat dijalan RAA Wiratanuningrat No.10/12 dilokasi tersebut juga telah berdiri ST (Sekolah Teknik Negeri). Pada waktu pertama dibuka tahun 1961 tersebut, STMN Tasikmalaya menerima siswa baru berjumlah 160 orang dari 225 pendaftar.

Ketika awal Berdiri STM Negeri 2 Tasikmalaya dipimpin oleh Bapak R. Surya Sugiarto, BE mendapat izin membuka tiga Jurusan yaitu jurusan Mesin Umum, Jurusan Listrik dan Jurusan Bangunan Gedung. Waktu itu jurusan Listrik pembukaannya ditangguhkan beberapa waktu berhubung adanya kesulitan teknis peralatan praktek dan langkanya tenaga pengajar. Jurusan listrik tersebut baru dibuka kembali pada tahun 1972.

Pada tahun 1966 STM Negeri Tasikmalaya mendapat ruangan belajar tambahan berdasarkan surat perintah Pepelrada Jawa Barat No.Print.63_5/Pepelrada DB/66 tertanggal 30 Mei 1966, STM Negeri Tasikmalaya menerima penyerahan 9 ruang teori bekas sekolah asing Cina beralamat dijalan pengaduan kuda no.42 Tasikmalaya.

Pada Tahun 1966 itu pula STMN Tasikmalaya membuka sekolah kelas jauh (filial) di Kabupaten Ciamis Sekarang menjadi SMK Negeri 2 Ciamis dan di lepas secara mandiri menjadi STM Negeri Ciamis pada Tahun 1981.

Pada Tahun 1987, SMK Negeri 2 pernah menggunakan kegiatan belajar mengajar di tiga lokasi sekaligus, yaitu di Jln. RAA.Wiratanuningrat No 12 Jln tentara Pelajar dan di Jalan Noenoeng Tisnasaputra. Dilokasi terakhir inilah SMK Negeri 2 Tasikmalaya dibangun pemerintah pusat dengan bantuan dana dari ADB (Asian Development Bank) Loan 356. Semenjak 1987 seluruh kegiatan pindah ke Jln. Noenoeng Tisna Saputra yang berada di Kp. Sindanggalih, Kelurahan Kahuripan Kec. Tawang Kota Tasikmalaya. Kampus ini diresmikan secara simbolis di PPPG Pertanian Cianjur pada Tahun 1991 oleh Mendikbud Prof. Dr. Fuad Hasan secara bersamaan.

Karena adanya perubahan nomenklatur sekolah pada tahun 1994 STM Negeri berubah namanya menjadi SMKNegeri 2 Tasikmalaya


2. Visi Misi

Visi:
Berlandaskan Iman Dan Taqwa Menjadi Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kejuruan Yang Bertaraf Internasional

Misi:
1. Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia serta membentuk pribadi yang berakhlakul karimah
2. Meningkatkan mutu layanan dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu iso 9001;2000
3. Melaksanakan kurikulum dan sistem pembelajaran yang flexible
4. Mengembangkan sarana prasarana dan lingkungan yang sesuai dengan tuntutan standar pelayanan minimal
5. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama dengan institusi pasangan/instansi terkait
6. Mengembangkan unit produksi dan jasa dalam rangka menunjang kemandirian sekolah

Nilai - nilai
1. Saling Percaya dan Menghargai
Saling percaya sesama anggota dalam melaksanakan tugas, setiap warga memiliki keinginan untuk sukses bersama, tidak saling mencurigai dengan membangun semangat keunggulan dan positive thinking, saling menghargai keunggulan, keahlian dan menyadari kekurangan masing-masing

2. Kebersamaan (togetherness)
Menentukan tujuan bersama, membagi dan menyelesaikan tugas bersama, mencapai hasil dan menikmati bersama

3. Imtaq
Beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga nilai-nilai bahwa bekerja itu adalah bahagian dari ibadah serta menjunjung tinggi moralitas

4. Kretivitas dan inovasi ( Innovation and Creativity )
Kreatif dan tidak cepat puas dengan apa yang sudah dicapai, inovasi yang tiada henti.

5. Pelayanan Prima
Memberi layanan prima pada pelanggan internal dan eksternal dengan mengembangkan sikap ramah, pelayanan yang cepat, tepat dan efesien.

Tujuan

  1. Mempersiapkan peserta didik berakhlakul karimah , menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI bertaraf nasional dan internasional sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.
  2. Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Strategi
Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi maka dilakukan langkah-langkah strategis diantaranya :
  1. Mengadakan Sosialisasi/pemasyarakatan Visis dan misi
  2. Melakukan pengkajian serta penentuan Program keahlian yang akan dijadikan sebagai program keahlian yang dikembangkan sebagai pilot projek implementasi Sekolah bertaraf Internasional
  3. Menyusun Rencana Strategis ( Renstra ) untuk lima Tahun kedepan
3. Program Keahlian

Program Diklat Teknik Mekanik Otomotif
Program Diklat Teknik Mesin Perkakas
Program Diklat Teknik Audio Video
Program Diklat Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik
Program Diklat Teknik Konstruksi dan Gambar Bangunan
Program Diklat Teknik Komputer dan Jaringan
Program Diklat Teknik Broadcasting


4. Profil Siswa

1 komentar:

INFO mengatakan...

semoga info ini berguna untuk temen-temen TKJ. Silahkan akses ke YOU TUBE GPINKOM. Disitu banyak klip video tentang hardware yang dijelaskan menggunakan bahasa indonesia. Mudah dipahami dan sangat penting untuk guru dan siswa. Banyak sekali hal-hal yang baru dan belum pernah dibahas/diajarkan di sekolahan kita. Saya baru saja melihat video tersebut. Mari berbagi informasi dan belajar terus menambah pengetahuan. bravo tkj.........

HomeSponsor

Lokasi anda