Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting
HomeSelamat Datang / Wilujeng Sumping / Welcome / Ahlan Wasahlan

Rabu, 19 Maret 2008

Hemat Listrik

Biaya listrik naik ! Apa yang muncul di pikiran kita pertama kali biasanya adalah menolak dan mengkritik kenaikan tersebut. Terbayang biaya yang harus kita bayar akan semakin mahal. Sementara gaya hidup kita yang sudah terlanjur 'setia' dengan perangkat elektronik membuat kita susah untuk melepaskan diri dari ketergantungan tersebut.

Kita tidak perlu panik. Apa yang diperlukan saat ini adalah bersikap bijaksana dengan menyiasati penggunaan listrik sehemat mungkin. Dengan menghemat pemakaian maka biaya listrik pun bisa dihemat. Lebih dari itu kita bisa bertindak langsung menyelamatkan lingkungan bumi yang semakin kritis kondisinya. Simak tip - tip mudah berikut ini yang bisa kita lakukan di rumah dan jangan lupa untuk memulainya dari hari ini juga.

Untuk jangka panjang Anda dapat melakukan penghematan listrik dengan hanya menggunakan perangkat elektronik dan rumah tangga yang hemat energi. Perangkat tersebut memang terlihat mahal di dalam toko tapi begitu diletakkan di dalam rumah, yang terasa justru biaya listrik makin ringan. Selamat berhemat!

.: Lampu rumah memakan sekitar 10 - 15% anggaran listrik setiap bulannya. Jadi usahakan mematikan lampu di siang hari, sebagai gantinya biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Apabila tidak memiliki jendela, Anda bisa menggunakan atap dan genteng transparan sebagai akses masuk sinar.


.: Pilih selalu lampu hemat energi atau lampu flourescent. Memang harga lampu jenis ini terbilang mahal dibanding lampu biasa tapi biaya pemakaian listriknya jauh lebih murah dan jauh lebih awet daya pakainya.


.: Matikan selalu perangkat komputer, tv, video, stereo dan telepon nirkabel sebelum bepergian. Hindari pemakaian stand by karena biarpun sedikit listrik akan tetap terpakai secara percuma.


.: Apabila memakai mesin cuci gunakan pemakaian air dingin ketimbang panas. Energi yang digunakan lebih hemat dan sekarang sudah banyak sabun detergen berkemampuan ganda yang dapat melarutkan kotoran dalam pakaian tanpa menggunakan air panas.


.: Hindari membuka pintu lemari es terlalu lama, karena akan banyak udara dingin yang keluar percuma. Jangan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke lemari es. Biasakan melakukan defrost secara teratur agar lemari es berjalan mulus dan berenergi rendah.


.: Pilihlah selalu perangkat rumah tangga yang tidak mengandung freon, seperti AC atau lemari es.


.: Apabila menggunakan teko listrik, pastikan jumlah air yang dimasak tidak berlebihan sehingga energi yang dikeluarkan bisa ditekan.


.: Penggunaan shower untuk mandi bisa menghemat banyak air ketimbang menggunakan bath tub atau bak mandi sekalipun.


.: Gunakan AC pada temperatur normal atau tidak terlalu dingin sehingga energi yang dikeluarkan bisa dihemat. Tirai atau gorden bisa membantu mendinginkan ruang dengan mengurangi banyaknya sinar yang masuk melalui jendela.


.: Mulailah menggunakan satu tv untuk satu rumah. Bayangkan energi yang dikeluarkan akan jauh lebih murah daripada menyalakan banyak tv dalam satu rumah.


.: Biasakan memberi 'cuti panjang' untuk perangkat tv maupun video. Percayalah biaya listrik bulanan akan jauh berkurang.


Tidak ada komentar:

HomeSponsor
Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Lokasi anda